Inventarisasi Jenis dan Potensi Moluska Padang Lamun di Kepulauan Kei Kecil, Maluku Tenggara

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan potensi moluska di padang lamun kawasan kepulauan Kei Kecil, Maluku Tenggara. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar dalam pembuatan kebijakan tentang pengelolaan sumber daya alam hayati laut yang lestari.

Di padang lamun kepulauan Kei Kecil ditemukan moluska sebanyak 103 jenis, 40 familia, dan 2 kelas,  Gastropoda dan Bivalvia. Kelompok Gastropoda terdiri dari  80 jenis yang mewakili 25 familia, sedangkan Bivalvia terdiri dari 23 jenis mewakili 15 familia. Dari 103 jenis moluska  yang diperoleh di kepulauan Kei Kecil, 72 jenis telah  diketahui potensi pemanfaatannya sedangkan 31 jenis  belum diketahui. Sebagian besar moluska dijadikan sebagai  sumber makanan (55 jenis). Selain itu, ditemukan moluska  yang berpotensi sebagai bahan dekorasi, cinderamata,  ornamen dan aksesoris pakaian (31 jenis). Moluska juga  diketahui berpotensi sebagai bahan baku bangunan (4 jenis), pembuatan pisau (Cypraea spp. dan Ovula ovum), uang (Cypraea spp.), dan bahan bioaktif (Conus spp.). Bahkan beberapa di antaranya telah menjadi komoditas utama perdagangan sektor perikanan laut non-ikan di perairan kepulauan Kei kecil dan sekitarnya (7 jenis).

Untuk lebih detailnya (full text free), silahkan kunjungi website jurnalnya disini (http://biodiversitas.mipa.uns.ac.id/D/D0901/D090108.pdf)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s